JUDUL : Rahasia Penemuan Keliling dan Luas Segitiga

ISI MATERI :
1. Keliling Segitiga

2. Luas Segitiga

MULTIMEDIA INTERAKTIF DIBERIKAN PADA

VII (Sekolah Menengah Pertama Semester 2)

LATAR BELAKANG

Matematika adalah ilmu yang dibentuk dan dikembangkan dalam dunia rasio, meski pada awalnya pada kondisi simpel diangkat dari dunia empirik. Matematika juga dipandang sebagai ilmu deduktif karena hanya menerima kebenaran secara umum, tidak melalui contoh. Oleh karena itu, pembuktian (teorema, sifat) harus secara deduktif yang berlaku umum, tidak dengan contoh apapun gambar. Matematika juga dipandang sebagai ilmu terstruktur yang ketat, yang dimaksudkan bahwa mempelajari matematika haruslah sesuai dengan tingkatannya, tidak sembarangan.

Pembelajaran Matematika sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa bahkan dianggap sesuatu hal yang menakutkan dan banyak dihindari untuk dipelajari, sedangkan pada hakikatnya pembelajaran matematika harus berprinsip pada minds-on, hands-on, dan contructivism. Hal ini berarti dalam pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran matematika pikiran siswa fokus pada materi belajar dan tidak memikirkan hal diluar itu, pengembangan pikiran tentanh materi bahan ajar dilakukan dengan melakukan dan mengkomunikasikannya agar menjadi bermakna. Belajar matematika lebih bermakna dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah, tidak hanya sekedar mengetahui, mengingat dan memahami. Oleh karena itu alangkah baiknya jika dalam suatu pembelajaran matematika perlu adanya suatu media pendukung berupa multimedia intraktif sehingga siswa dapat dengan mudah memahami konsep matematika.

Rahasia Penemuan Keliling dan Luas Segitiga, saya mengambil judul demikian karena cukup menarik untuk disampaikan pada siswa sehingga sebelum materi disampaikan siswa dapat berimajinasi membayangkan rahasia penemuan keliling dan luas segitiga itu seperti apa sehingga membuat siswa tertarik untuk mempelajarinya.

Materi yang saya ambil mengenai Segitiga mencakup dua sub pokok bahasan yaitu keliling dan luas segiga, materi ini disampaikan pada siswa SMP kelas VII semester kedua karena cukup menyajikan konsep-konsep dasar yang sistematis yang diuraikan dan dijelaskan secara jelas dan mengacu pada amanat standar isi melalui metode pendekatan deduktig. Multimedia interaktif ini saya buat karena mudah-mudahan bisa membantu siswa dalam proses pembelajaran matematika yang cenderung siswa berasumsi bahwa matematika itu sulit, tapi dengan adanya multimedia interaktif ini siswa dapat merasakan belajar matematika itu terasa menyenagkan sehingga proses pembelajaran menjadi efektif.

TUJUAN

Karena objek matematika abstrak dan pemikiran siswa masih konkrit, sehingga multimedia interaktif ini bisa menjembataninya, bisa menjadi sarana pendukung proses pembelajaran supaya pembelajaran matematika menjadi bermakna,menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi atau semangat siswa supaya belajar lebih giat. Tujuan khusus pembuatan multimedia interaktif ini adalah dapat membantu siswa memahami konsep keliling dan luas segitiga secara mudah dan terstruktur.

STORYBOARD

Silahkan download StroryBoard Rahasia Penemuan Keliling dan Luas Segitiga di
http://www.ziddu.com/download/8078216/StoryBoardKelilingdanLuasSegitiga_Haifa.pdf.html


date Jumat, 08 Januari 2010

0 komentar to “UAS MULTIMEDIA 2009/2010”

Leave a Reply:

Komentar Blog